ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA V-IXION DI KOTA MALANG

Oktharia Andriyati, Agung Yuniarinto

Abstract


Masalah kualitas produk merupakan sesuatu hal yang amat penting dalam rangka keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pengendalian kualitas merupakan suatu aktivitas perusahaan untuk menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk perusahaan dapat dipertahankan sebagaimana yang telah direncanakan sehingga dapat memberikan jaminan atas kepuasan konsumen.

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) dan durability (daya tahan) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. 2) Untuk mengetahui variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) dan durability (daya tahan) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. 3) Untuk mengetahui variabel kualitas produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ini sebagai Explanatory Research dengan prosedur pengujian hipotesis (hypotesis testing) untuk menjawab pertanyaan dan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang memiliki sepeda motor merek Yamaha Vixion dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling merupakan prosedur sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka maka dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) dan durability (daya tahan) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) dan durability (daya tahan) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Performance (kinerja) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci:   Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.