ANALISIS DAMPAK PERTUMBUHAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KEMISKINAN JAWA TIMUR

Bella Ginantie

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemiskinan di Jawa Timur yang masih tinggi, serta masih rendahnya value added sektor pertanian yang tercermin dari rendahnya pertumbuhan sektor pertanian dan kemiskinan yang didominasi oleh penduduk yang bekerja di sektor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pertumbuhan sektor pertanian dalam membantu mengurangi kemiskinan di Jawa Timur.

Dalam penelitian ini digunakan analisis data panel yaitu analisis yang menggabungkan time series dan cross section, dengan data yang terdiri dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dalam kurun waktu empat tahun. Kemiskinan berperan menjadi variabel dependen, sedangkan pertumbuhan sektor pertanian berperan sebagai variabel independen bersama dengan variabel kontrol yang lainnya yaitu dummy wilayah basis/nonbasis pertanian, Indeks Pembangunan Manusia, dan Tingkat Pengangguran Terbuka.

Hasil menunjukkan bahwa pertumbuhan sektor pertanian terbukti mampu mengurangi tingkat kemiskinan. Di sisi lain, wilayah dengan basis pertanian ternyata lebih lambat dalam mengurangi kemiskinan dibandingkan dengan wilayah nonbasis pertanian. Oleh karena itu, langkah yang dapat ditempuh diantaranya adalah melalui diversifikasi sektor pertanian guna meningkatkan value added pertanian, serta sinergisitas antara sektor pertanian dengan sektor-sektor lainnya.

 

Kata Kunci: Kemiskinan, Pertumbuhan Sektor Pertanian, Basis dan Nonbasis Pertanian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.