PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING, DAN GREEN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK GREEN BAG DI CARREFOUR KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh green product terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang, (2) pengaruh green advertising terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang, (3) pengaruh green brand terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang, dan (4) pengaruh green poduct, green advertising, dan green brand terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Green Bag di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment pearson, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) green product tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai regresi sebesar 0,014 dan tingkat signifikansinya 0,911. (2) Green advertising berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai regresi sebesar 0,421 dan tingkat signifikansinya 0,001. (3) Green brand tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai regresi sebesar 0,124 dan tingkat signifikansinya 0,265. (4) Green poduct, green advertising, dan green brand secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05 dan besarnya adjusted R2 green product, green advertising, dan green brand terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,334.
Kata kunci: green product, green advertising, green brand, keputusan pembelian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.