PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING, DAN GREEN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK GREEN BAG DI CARREFOUR KOTA MALANG

Lina Markha Masturoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh green product terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  pada  produk  Green  Bag  di  Kota Malang, (2) pengaruh green advertising terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang, (3) pengaruh green brand terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang, dan (4) pengaruh green poduct, green advertising, dan green brand terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Green Bag di Kota Malang.

Penelitian  ini  dikategorikan  sebagai  penelitian  deskriptif  kuantitatif, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Green Bag di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment pearson, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini.

Hasil  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  green  product  tidak berpengaruh positif  terhadap  keputusan  pembelian  dengan  nilai  regresi  sebesar  0,014  dan tingkat signifikansinya 0,911. (2) Green advertising berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian  dengan  nilai  regresi  sebesar  0,421  dan  tingkat signifikansinya 0,001. (3) Green brand tidak berpengaruh positif terhadap keputusan  pembelian  dengan  nilai  regresi  sebesar  0,124  dan  tingkat signifikansinya  0,265.  (4)  Green  poduct, green  advertising,  dan  green  brand secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05 dan besarnya adjusted R2 green product, green advertising, dan green brand terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,334.

Kata kunci: green product, green advertising, green brand, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.