PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BERSERTIFIKAT HALAL MUI (Studi Kasus pada Mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

NOVITA ZATI HULWANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik bersertifikat halal MUI. Penilitian ini berdasarkan pada teori perilaku terencana oleh Ajzen dengan memilih sampel penelitian sebanyak 84 responden mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang sudah menegtahui tentang pola perilaku konsumsi yang sesuai dengan syariat islam. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala likert yang kemudian dianalisis dengan teknik Analisis Regresi Berganda dari SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tidak memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik halal. Sedangkan untuk norma subjektif dan kontrol perilaku memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Norma subjektif merupakan seberapa besar konsumen dipengaruhi oleh orang-orang disekitarnya merupaka faktor yang memiliki pengaruh paling besar.

Kata Kunci : Perilaku Konsumsi Islam, Teori Perilaku Terencana, Kosmetik Halal, Asumsi klasik, Regresi Linier Berganda.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.