Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas yang Dimoderasi Size Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014

Moch Noer Fahad Dery Lazuardy

Abstract


Kondisi perbankan  di Indonesia  semakin membaik  meski tekanan krisis keuangan  global semakin terasa. Hal tersebut terlihat dari berkurangnya keketatan likuiditas perbankan dan tumbuhnya total kredit perbankan. Sistem perbankan  di Indonesia mulai kuat dan memiliki modal serta kinerja bagus yang tercipta karena membaiknya sistem pengawasan perbankan. Dapat dilihat dari data di Bursa Efek Indonesia kinerja perekonomian Indonesia secara  umum  sangat  baik dalam  3 tahun  terakhir  dengan  memperbaiki  makro ekonomi  dan stabilitas  sistem keuangan terutama di sektor fiskal dan kebijakan moneter. Melihat tren positif perusahaan perbankan di Indonesia, membuat sektor ini kedepannya dapat dijadikan sektor yang diperhitungkan  dalam meningkatkan  pertumbuhan perekonomian Indonesia. Hal ini membuat sektor perbankan mempunyai daya tarik tersendiri untuk diteliti.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel likuiditas terhadap profitabilitas yang dimoderasi oleh size perusahaan pada perusahaan sub sektor perbankan pada periode pengamatan 2011 sampai dengan 2014. Dimana variabel likuiditasnya diukur menggunakan quick ratio sedangkan variabel profitabilitasnya diukur menggunakan retrun on asset. Sementara untuk mengukur size perusahaan dilihat melalui total aset pada laporan  keuangannya.  Maka dari itu variabel dependen  dalam  penelitian  ini adalah  return  on asset, variabel independennya yaitu quick ratio, sedangkan variabel moderasinya yaitu total aset. Metode yang digunakan dalam penelitian  adalah  regresi  data  panel  untuk  melihat seberapa besar  konsistensi  pengaruh  variabel  independen terhadap variabel  dependen.  Kemudian  dilakukan  Uji F untuk  menguji hipotesis  secara  simultan,  dan Uji T dilakukan pengujian secara parsial antara variabel independen dan variabel dependen.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan  bahwa rasio likuiditas yang diukur menggunakan  variabel quick ratio berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap rasio profitabilitas yang diukur menggunakan return on asset perusahaan sub sektor perbankan. Begitu juga dengan size perusahaan yang diuukur menggunakan variabel total asset juga berhasil menjadi variabel moderator, artinya variabel total asset berhasil memperkuat hubungan antara variabel quick ratio terhadap variabel return on asset.

Kata kunci: Likuiditas, Profitabilitas, Size Perusahaan, Perbankan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.