Analisis Perbandingan Kinerja Kelompok Bank Umum berdasarkan Modal Inti (BUKU I, BUKU II, BUKU III dan BUKU IV) Periode 2011-2015

EUNIKE BR SILALAHI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kinerja  antara bank dilihat dari modal inti yang dimilikinya. Selain itu, juga mengetahui lebih lanjut  bagaimana perbedaan kinerja antara kelompok bank berdasar modal inti yakni BUKU I, BUKU II, BUKU III dan BUKU IV.

            Kinerja bank salah satunya dapat dilihat dari rasio-rasio keuangan. Dalam penelitian ini, rasio keuangan yang digunakan adalah CAR sebagai rasio permodalan, NPL sebagai rasio aktiva produktif, NIM, ROA dan BOPO sebagai rasio rentabilitas dan LDR sebagai rasio likuiditas.

Metode yang digunakan ialah dengan uji Anova Oneway untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antar kelompok bank yang diteliti. Jika hasil anova menunjukkan adanya perbedaan, maka akan dilakukan uji Post Hoc Test  untuk mengetahui perbedaan kinerja antar kelompok bank lebih lanjut.

Hasil analisis yang diperoleh ialah, terdapat perbedaan yang signifikan antar kelompok bank berdasarkan modal inti. Lebih lanjut perbedaan rata-rata dari variabel yakni nilai CAR tertinggi diperoleh oleh BUKU IV, NPL terendah diperoleh oleh BUKU IV, NIM tertinggi doperoleh oleh BUKU IV, ROA tertinggi diperoleh oleh BUKU IV, BOPO ideal diperoleh oleh BUKU IV dan LDR ideal diperoleh oleh BUKU IV. Maka dapat disimpulkan  kelompok bank yang memiliki modal inti lebih besar memiliki kinerja yang lebih baik  dibandingkan dengan bank yang memiliki modal inti lebih kecil.

 

Kata Kunci      : Kinerja bank,  Bank berdasar Modal inti, Rasio Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.