STRATEGI PENGHIMPUNAN ZAKAT OLEH LAZIS SABILILLAH DI KOTA MALANG
Abstract
Zakat merupakan kewajiban umat Islam yang di samping memiliki nilai ibadah, juga memiliki kemanfaatan sosial. Dalam kerangka Ekonomi Islam, zakat berpotensi untuk menyejahterakan kehidupan mustahiq jika dikelola secara terstruktur dan tepat guna. Untuk mencapai tujuan tersebut, LAZIS Sabilillah Malang melakukan penghimpunan zakat dengan jumlah yang meningkat setiap tahunnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penghimpunan zakat oleh LAZIS Sabilillah di Kota Malang serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mengikutinya. Metode penelitian berjenis field research dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara terhadap informan dan kajian dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LAZIS Sabilillah telah melakukan komunikasi dalam hal publikasi dan sosialisasi layanan zakat secara ekspansif di berbagai media. Selain itu, LAZIS Sabilillah juga mengandalkan pelayanan berazas kekeluargaan untuk menjaga muzakki. Kekurangan LAZIS Sabilillah dalam penghimpunan zakat ialah kekurangan SDM serta komunikasi yang kurang merata kepada muzakki pascadonasi. Namun antusiasme masyarakat dalam berzakat di Bulan Ramadhan memberikan dampak yang signifikan terhadap total penghimpunan zakat. Di sisi lain, ada pula masyarakat sekitar LAZIS Sabilillah yang memilih untuk mendistribusikan zakatnya secara mandiri dan independen.
Kata kunci: Zakat, Amil Zakat, Fundraising.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.