PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA SMARTPHONE IPHONE DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA MALANG)

Suci Meidina Riswandi

Abstract


Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of  mouth  (e-WOM)  terhadap  purchase intention  pada  smartphone  iPhone  di  Kota Malang yang dimediasi oleh brand image, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis.

Penelitian  ini  menggunakan  sampel  sebanyak  110 responden  mahasiswa  di  Kota Malang   yang   belum   pernah  melakukan   pembelian   smartphone   iPhone   dengan menggunakan  teknik  non-probability  sampling. Uji hipotesis dilakukan  menggunakan uji t dan uji Sobel test. Analisis  data menggunakan  Partial Least Squares (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0 untuk memudahkan penelitian.

Dari   hasil   pengujian   terhadap   keempat   hipotesis   yang  telah   dilakukan   dapat disimpulkan   bahwa   variabel   Electronic   word   of  mouth   berpengaruh   positif   dan signifikan terhadap brand image smartphone iPhone sebesar 0,585. Variabel electronic word  of mouth  berpengaruh  positif dan signifikan  terhadap  purchase  intention  pada smartphone  iPhone sebesar  0,243.  Variabel  brand  image  berpengaruh   positif dan signifikan  terhadap  minat  beli  konsumen  pada  smartphone  iPhone  sebesar  0,576. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand image sebesar 0,337.

KATA KUNCI:Electronic Word of Mouth (E-WOM), Brand Image, Purchase Intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.