PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA SMARTPHONE IPHONE DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA MALANG)
Abstract
Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap purchase intention pada smartphone iPhone di Kota Malang yang dimediasi oleh brand image, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden mahasiswa di Kota Malang yang belum pernah melakukan pembelian smartphone iPhone dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji Sobel test. Analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0 untuk memudahkan penelitian.
Dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image smartphone iPhone sebesar 0,585. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada smartphone iPhone sebesar 0,243. Variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada smartphone iPhone sebesar 0,576. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand image sebesar 0,337.
KATA KUNCI:Electronic Word of Mouth (E-WOM), Brand Image, Purchase Intention.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.