ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA HOTEL THE ONE LEGIAN, BALI

Endang Sebrina Kaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menghadapi kondisi lingkungan internal maupun eksternal perusahaan serta sebagai upaya untuk menentukan strategi yang sesuai dengan kondisi lingkungan disekitarnya. Dari analisis lingkungan dapat diketahui kelemahan, peluang, serta ancaman perusahaan. Objek penelitian ini adalah Hotel The One Legian, dengan menggunakan analisis ETOP (Environmental Treath and Opportunity Profile), analisis SAP (Strategic Advantage Profile) dan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang digunakan sebagai dasar perumusan strategi. Dari analisis ETOP dan SAP, akan digunakan sebagai masukan untuk analisis SWOT. 
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT, maka dapat disimpulkan bahwa
strategi yang tepat untuk Hotel The One Legian adalah strategi intensif, yang berarti perusahaan berada pada posisi yang baik untuk memanfaatkan kekuatan internalnya dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari peluang eksternal dan menghindari ancaman eksternal.

Kata Kunci: Analisis, Lingkungan, Strategi, Perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.