FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUALITAS HASIL PEMERIKSAAN KEUANGAN NEGARA (Studi Pada Auditorat Utama Keuangan Negara I BPK)

Amrulia Arwin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari tingkat pendidikan, sertifikasi profesional, pengalaman, jam pelatihan, usia, dan jenis kelamin pemeriksa terhadap kualitas hasil pemeriksaan keuangan negara. Penelitian ini dilaksanakan pada Auditorat Utama Keuangan Negara I BPK RI dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 45 tim pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linier berganda dengan alat uji SPSS Statistics 17.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa dua variabel mempengaruhi kualitas hasil pemeriksaan keuangan negara yaitu sertifikasi profesional dan jam pelatihan pemeriksa. Sedangkan variabel tingkat pendidikan, pengalaman, usia dan jenis kelamin pemeriksa tidak berpengaruh terhadap kualitas hasil pemeriksaan keuangan negara.

 

Kata kunci: Kualitas hasil pemeriksaan, tingkat pendidikan, sertifikasi profesional, pengalaman, jam pelatihan, usia, jenis kelamin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.