ANALISIS FAKTOR PENENTU KREDIT BERMASALAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) (Studi Kasus Pada KUR Bank Bukopin dan KUR Bank Syariah Mandiri Periode Januari 2012 – November 2014)

Kiki Fajrina Luthfyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pogram pemerintah yaitu KUR (Kredit Usaha Rakyat) namun rasio dari kredit bermasalah KUR (Kredit Usaha Rakyat) cenderung tinggi selama periode penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh faktor penentu kredit bermasalah terhadap kredit bermasalah KUR (Kredit Usaha Rakyat) studi kasus pada Bank Bukopin dan Bank Syariah Mandiri periode januari 2012 – Desember 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ordinary Least Square bulan Januari 2012 – Desember 2014. Objek penelitian dalam penelitian kali ini adalah Bank Bukopin dan Bank Syariah Mandiri. Faktor-faktor penentu NPL yang dianalisis pengaruhnya dalam penelitian kali ini terdiri dari Bank Size, CAR (Capital Adequancy Ratio), dan LDR ( Loan Deposit Ratio) serta Net Interest Margin (NIM). Estimasi model yang digunakan adalah Ordinary Least Square dengan Uji Goodness Of Fit. Hasil penelitian kali ini adalah variabel Bank Size, CAR (Capital Adequancy Ratio), dan LDR ( Loan Deposit Ratio) serta NIM (Net Interest Margin) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja kredit bermasalah KUR (Kredit Usaha Rakyat).

 

Kata Kunci : Kredit Bermasalah, Bank Size, CAR (Capital Adequancy Ratio), LDR ( Loan Deposit Ratio, NIM (Net Interest Margin)

 


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.