ANALISIS PENGARUH MODAL KERJA, BAHAN BAKU, DAN JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP HASIL PRODUKSI SENTRA INDUSTRI KECIL SEPATU DAN SANDAL KULIT (Studi kasus pada Sentra Industri Kecil Sepatu dan Sandal Kulit di Kelurahan Selosari dan Kelurahan Magetan, Kabupaten Magetan)

Sabrina Mufidha

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh modal kerja, bahan baku, dan jumlah tenaga kerja terhadap hasil produksi Industri kecil sepatu dan sandal kulit 2) Untuk mengetahui faktor dominan antara modal, bahan baku, dan jumlah tenaga kerja yang mempengaruhi hasil produksi pada industri kecil.

             Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan faktor produksi yaitu fungsi produksi menurut sukirno.Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 50 unit usaha dengan sampel sebanyak 35 unit usaha.Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, kousioner, observasi, dan data sekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BPS Kabupaten Magetan, dan skripsi/tesis.

             Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial modal dan bahan baku berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi sedangkan jumlah tenaga kerja berpengaruh posisitif namun tidak signifikan. Dapat disimpulkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 99,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata kunci: Modal Kerja, Bahan Baku, Jumlah Tenaga Kerja, Hasil Produksi.


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.