Analisis Penerapan Lima Faktor Model Fama & French di Indonesia

Lombardes Heriyandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan model lima faktor Fama & French di Indonesia sebagai penilaian harga saham, lima faktor ini adalah pengembangan dari model CAPM selanjutnya tiga faktor model dan lima faktor yang menjadi akhir untuk saat ini. Data yang digunakan pada penelitian ini perusahaan yang berada pada indeks LQ 45 tahun 2009 – 2015, return saham setiap perusahaan, return IHSG, dan laporan keuangan setiap perusahaan, alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lima faktor Fama & French memiliki pengaruh yang cukup baik namun beberapa faktor memberikan penilaian yang berbeda dengan teori yang ada, SMB memiliki arah yang negative bisa dikatakan bahwa perusahaan dengan size yang besar cenderung kuat pada pasar modal Indonesia, CMA tidak signifikan bisa dikarenakan investor yang menanamkan modalnya pada pasar modal Indonesia tidak menggunakan faktor ini untuk menilai harga saham.

 

Kata Kunci           : Lima Faktor Fama & French, Model Penilaian Harga Saham

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.