STUDI PERBANDINGAN EFISIENSI KINERJA BANK BUMN DAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH : APLIKASI PENGGUNAAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Irvan Dadang Prakoso

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat nilai efisiensi pada bank Badan Usaha Milik Pemerintah dan Bank Pembangunan Daerah dengan total 28 objek penelitian dari seluruh Bank BUMN dan Bank Pembangunan Daerah kecuali 2 Bank Pembangunan Daerah Jambi dan Bengkulu tidak dimasukkan dikarenakan laporan keuangannya tidak dipublikasikan pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Dengan variabel Dana Pihak Ketiga, Modal, Beban Bunga, Beban non-operasional, Total Pinjaman, Pendapatan Bunga, dan Pendapatan non-operasional. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Data Envelopment Analysis dengan software Frontier Analysis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada tahun 2012 terdapat 3 bank yang tidak efisien yaitu BPD Nusa Tenggara Timur, BPD Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, BPD Sulawesi Tenggara. Sedangkan pada tahun 2013 terdapat 2 Bank yang tidak efisien diantaranya Bank Mandiri dan BPD Nusa Tenggara Timur. Tahun terakhir 2014 terdapat 6 bank yang tidak efisien yaitu Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, BPD Nusa Tenggara Timur, BPD Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat.

Kata kunci: Data Envelopment Analysis , Bank Badan Usaha Milik Negara , Bank Pembangunan Daerah , frontier analysis


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.