Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Indeks LQ 45 Tahun 2010-2015)

Utari Dian Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara rasio keuangan yang terdiri dari current ratio, return to asset (ROA),return on equity (ROE), net profit margin (NPM), earning per share (EPS), dan debt to equity (DER) baik secara simultan maupun parsial terhadap harga saham indeks LQ 45 pada tahun 2010 sampai 2015. Sampel penelitian adalah sebanyak 20 perusahaan yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang sahamnya tetap bertahan di indeks LQ 45 selamat ahun 2010 hingga 2015.

                Metode yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan model random effect. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial variabel current ratio dan earning per share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan return on asset (ROA),return on equity (ROE), net profit margin (NPM), dan debt to equity (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci : Harga Saham, Rasio Keuangan, Current ratio, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity(DER)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.