PENGARUH VARIABEL SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN NELAYAN (Studi Pada Rumah Tangga Nelayan di Pesisir Pantai Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur)

Waridlatur Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel sosial ekonomi terhadap pendaptan   nelayan   kelurahan   Mayangan   Kota   Probolinggo.   Penelitian   ini   menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan model regresi linier berganda. Semua uji statistik yang dilakukan  pada  penelitian  ini  menggunakan  software  spss  16.  Data  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah data primer dengan jumlah responden 43 nelayan. variabel dalam penelitian ini adalah modal kerja, umur, tingkat pendidikan, pengalaman melaut, dan peralatan tangkap / teknologi sebagai variabel independen dan pendapatan sebagai variabel dependen.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel modal kerja, umur, tingkat pendidikan, pengalaman melaut dan peralatan tangkap/teknologi secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan  nelayan  di  Kelurahan  Mayangan  Kota  Probolinggo.  Selanjutnya  secara  parsial variabel-variabel yang signifikan mempengaruhi pendapatan nelayan Kelurahan Mayangan Kota Probolinggo  antara lain  adalah umur, tingkat  pendidikan dan  pengalaman melaut. Sedangkan variabel  modal  dan  peralatan  tangkap/teknologi  secara  parsial  tidak  berpengaruh  signifikan terhadap pendapatan nelayan Kelurahan Mayangan.

 

Kata Kunci: Pendapatan, Nelayan, Sosial Ekonomi, Kelurahan Mayangan.


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.