PERAN BMT MANDIRI SEJAHTERA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN EKONOMI PADA MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA KARANGCANGKRING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN GRESIK

Mochamad Adji Kusuma

Abstract


Masyarakat membutuhkan bantuan akses dana atau permodalan untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Terbentuknya lembaga keuangan bank ataupun non bank adalah respon dari kebutuhan masyarakat  tersebut melalui  berbagai  instrument pembiayaan. Selama ini UMKM (Usaha Mikro Kecil Kecil Menengah) terkendala akses pendanaan ke lembaga keuangan  formal.  Untuk mengatasi  kendala  tersebut,  tumbuh  lembaga  keuangan  non-bank berbasis syariah yaitu BMT (Baitul Maal wat Tamwiil). Sebagai lembaga keuangan, BMT mempunyai tugas penting dalam mengemban misi keislaman dalam   aspek kehidupan ekonomi masyarakat, berperan aktif dalam membangun sebuah sistem keuangan yang lebih adil dan lebih penting mampu menjangkau lapisan pelaku atau elemen lain yang berhubungan  dengan ekonomi sampai lingkup terkecil sekalipun.

Lambat laun tujuan dari para pengelola BMT itu sendiri juga ikut berkembang, yaitu turut berperan dalam mensejahterakan kondisi sosial masyarakat yang ada di sekitar daerah BMT melalui produknya secara langsung sebagai lembaga keuangan maupun tanggung jawab sosial yang dilandasi atas rasa kemanusiaan.

Kata  kunci:  Lembaga  Keuangan,  BMT  (Baitul  Maal  wat  Tamwiil), Kesejahteraan  Ekonomi, Kesejahteraan Sosial


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.