PENGARUH KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PADA KEBERHASILAN PELATIHAN KARYAWAN (Studi pada Wana Artha Agent Star Premier Kediri)

Yohana Agustina

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besaar pengaruh variabel bebas komunikasi verbal dan komunikasi non verbal terhadap variabel terikat keberhasilan pelatihan dengan menggunakan analisis regresi metode analisis uji F dan t.

            Penelitian ini termasuk dalam jenis pemelitian explanatory research karena penelitian bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh dari beberapa variabel yang telah ditetapkan.

            Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 agent asuransi dari WannaArtha Agent Star Premier Kediri yabg telah mengikuti pelatihan. Sampel diambil dengan metode sensus yaitu menggunakan seluruh populasi sebagai responden. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas data, uji multikolinieritas dan uju heteroskedastisitas. Sedangakn untuk uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.

            Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel komunikasi verbal dan non verbal  memiliki peranan yang signifikan terhadap keberhasilan pelatihan karyawan dengan signifikansi 0,001 dan Adjusted R2 sebesar 0,399 (39,9%). Secara parsial, variabel komunikasi verbal (X₁) = 0,001 dan variabel komunikasi non verbal (X₂) = 0,001, menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan pelatihan dilihat dari nilai signifikan lebih kecil daripada 0,05.

Kata kunci : Komunikasi verbal, komunikasi non verbal, keberhasilan pelatihan


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.