ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC COMMERCE TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL

Vita Dwi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh e-commerce terhadap perkembangan sektor usaha mikro dan kecil (UMK) di Kota Malang melalui analisis data panel pada tahun 2015-2016. Perkembangan usaha mikro dan kecil diukur berdasarkan peningkatan profit yang dipengaruhi oleh variabel independen yakni pendapatan, ukuran usaha, jenis media e-commerce yang digunakan, dan jumlah pengunjung media e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan pada variabel-variabel independen selain variabel total pendapatan terhadap peningkatan profit. Pada penelitian ini juga ditemukan peran e-commerce terhadap perkembangan usaha mikro dan kecil yang terletak pada keuntungan yang bersifat non-profit. Efek multiplier jangka panjang, kepercayaan, strategi branding, serta tingginya intensitas komunikasi merupakan keuntungan non-profit yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha mikro dan kecil. Pengaruh pengimplementasian e-commerse terhadap sektor usaha mikro dan kecil tidak berpengaruh pada peningkatan profit yang bersifat jangka pendek melainkan lebih mengarah pada keuntungan non profit dan bersifat jangka panjang.  

Keyword: e-commerce, UMK, perkembangan, profit, non-profit

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.