ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT INFLASI, UPAH MINIMUM, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENGANGGURAN DI JAWA TIMUR

IRZA AZWARDI SABAN

Abstract


Pengangguran merupakan salah satu masalah dalam perekonomian yang dapat mempengaruhi perekonomian dan manusia. Provinsi Jawa Timur sendiri memiliki total angkatan kerja sebanyak 20,274,681 orang pada tahun 2015 menurut data Badan Pusat Statistik. Hal tersebut megkhawatirkan dikarenakan apabila terjadi peningkatan tingkat pengangguran sebesar 1% saja, hal tersebut berarti terjadi peningkatan jumlah pengangguran sekitar 200,000 orang. Peningkatan jumlah pengangguran sebesar 200,000 orang tentu menciptakan beban baru untuk pemerintah. Tingkat pengangguran di Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan sendiri meningkat sebesar 0.28% atau sekitar 60,000 tambahan pengangguran.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengabungan data cross-section dan data time-series atau bisa disebut juga sebagai data panel. Periode yang diteliti adalah tahun 2011 hingga tahun 2015 pada keseluruhan Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur, kecuali tingkat inflasi yang datanya hanya dimiliki pada 7 Kota dan Kabupaten tertentu.

 

Kata Kunci : Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Upah Minimum, Tingkat Pendidikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.