ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT (Studi Kasus Pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Periode 2010-2016)

AINUR ROFIQ SOFYAN

Abstract


           Bank pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dan mencatatkan saham perdana di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 12 Juli 2012. Sesuai dengan kegiatannya, bank memberikan kredit untuk memperoleh keuntungan. Dalam penyaluran kredit tersebut terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu dalam penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh dari masing-masing faktor tersebut terhadap penyaluran kredit. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan keungan Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. dengan periode penelitian setiap triwulan sejak 2010-2016. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan data time series. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolonieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi). Uji hipotesis menggunakan pengujian secara parsial (uji t), simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (R2).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit, Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif terhadap penyaluran kredit, Non Performing Loan (NPL) tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit pada, dan Return On Asset (ROA) berpengaruh negatif terhadap penyaluran kredit Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Loan (NPL), dan Return On Asset (ROA) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel penyaluran kredit pada bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk.

 

Kata kunci: Penyaluran kredit, Capital Adequacy Ratio, Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, dan Return On Asset.


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.