PEMAHAMAN DAN PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH MAKANAN HALAL (Studi pada Masyarakat Perum Griyashanta RW 12 Kota Malang)

Chandra Dwi Prawira Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan preferensi masyarakat Perum Griyashanta Kota RW 12 Malang dalam memilih makanan halal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian sebanyak 91 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil deskriptif mengenai variabel pemahaman menunjukkan bahwa sebagian besar responden memahami produk makanan halal. Faktor sosial dibentuk dari kelas sosial tercermin dari Makan makanan sehat menjadi gaya hidup dan pendapatan tercermin dari produk yang memiliki klaim kesehatan harganya sesuai dengan manfaatnya. Faktor psikologis dibentuk dari motivasi dan kepercayaan, indikator kepercayaan berkontribusi besar pada faktor psikologis. Pemahaman berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat memilih makanan halal, yang berarti bahwa semakin baik tingkat pemhaman masyarakat dapat meningkatkan preferensi masyarakat memilih makanan halal. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memahami makanan yang halal, yaitu makanan yang diijinkan bagi seorang muslim untuk memakannya. Faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat memilih makanan halal, yang berarti bahwa semakin tinggi faktor sosial di masyarakat dapat meningkatkan preferensi masyarakat memilih makanan halal. Hal ini menunjukkan bahwa kelas sosial dapat menunjukkan perbedaan pilihan terhadap produk barang atau jasa yang dikonsumsi. Faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat memilih makanan halal, yang berarti bahwa semakin tinggi faktor psikologis masyarakat dapat meningkatkan preferensi masyarakat memilih makanan halal.

Kata kunci : Pemahaman, Faktor Sosial, Faktor Psikologis, preferensi masyarakat memilih makanan halal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.