PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. XYZ

FADHLURRAHMAN LATIEF

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengembangan karir yang terdiri dari variabel perencanaan karir dan manajemen karir secara simultan maupun parsial, serta untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT.XYZ.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory (penjelasan) atau dikenal sebagai pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir yang terdiri dari variabel perencanaan karir dan manajemen karir terhadap variabel terikat yaitu kinerja karyawan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 144 karyawan tetap. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji F, uji t, dan uji dominan.

 

Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa pengembangan karir yang terdiri dari variabel perencanaan karir dan manajemen karir secara simultan berpengaruh pada kinerja karyawan. Selain itu didapat hasil untuk pengembangan karir yang terdiri dari variabel perencanaan karir dan manajemen karir berpengaruh signifikan secara parsial pula terhadap kinerja karyawan. Dari kedua variabel bebas tersebut yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan yaitu variabel perencanaan karir. Kemudian dilihat dari nilai Adjusted R Square menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antar variabel sebesar 0.177 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pengembangan karir yang terdiri dari variabel perencanaan karir dan manajemen karir terhadap kinerja karyawan sebesar 17,7% sedangkan sisanya

82,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penilitian ini.

 

Kata Kunci : Pengembangan Karir, Karir, Kinerja Karyawan, Kinerja.


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.