PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MALANG STRUDEL “TEUKU WISNU” (DARI PERSPEKTIF MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

ANDINO FERDIAN

Abstract


Penggunaan selebriti merupakan bagian dari pengembangan strategi pemasaran untuk mendukung iklan. Hubungan antara merek dan endorser diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan membangun citra merek yang positif. Penelitian ini digunakan untuk menggambarkan hubungan antara celebrity endorser  dan  harga  terhadap  keputusan  pembelian  Malang  Strudel  “Teuku Wisnu” (dari perspektif mahasiswa Universitas Brawijaya). Jenis penelitian yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  explanatory  yang  bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal pada variabel melalui pengujian hipotesis.

Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuisioner terhadap mahasiswa sebagai pelanggan Malang Strudel di Universitas Brawijaya Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan hasil sebanyak 110 responden. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda,  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  celebrity  endorser  dan  harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan secara parsial, celebrity endorser dan harga  juga  memiliki  pengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian.  (Y). Hasil analisis determinasi juga menunjukkan bahwa 27,6% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh celebrity endorser dan harga sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

 Kata  kunci  :  Celebrity  Endorser,  Harga,  Keputusan  Pembelian,  Malang Strudel


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.