Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention yang dimediasi oleh Variabel Brand Image pada Situs Travel Online Traveloka (Studi pada Pengguna di Kota Malang)

KARLINA SITI FARESHA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention dan brand image pengguna situs travel online Traveloka di Kota Malang, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 110 responden yang diambil dari populasi pengguna situs Traveloka. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yang dipilih yaitu minimal berusia 17 tahun, dan minimal pernah 1 kali mengunjungi website atau membaca review online mengenai Traveloka. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik.. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth mempunyai pengaruh signifikan langsung terhadap brand image, brand image mempunyai pengaruh signifikan langsung terhadap purchase intention, electronic word of mouth mempunyai pengaruh signifikan langsung terhadap purchase intention, electronic word of mouth secara tidak langsung mempunyai pengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui brand image.

 

Kata kunci:Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.