Analisis Rantai Nilai Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif pada CV.Tri Jaya Motor Pare

INDRA DWI WICAKSONO

Abstract


Abstrak: Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapaun  tehnik  analisis  data  dengan  menggunakan  alat  analisis  rantai  nilai dengan mendasarkan pada faktor strategi internal yang terdiri dari: perbandingan dengan  pesaing,  perbandingan  dengan  kinerja  masa  lalu,  faktor-faktor  sukses dalam industri, dan tahapan dalam evolusi industri yang nantinya dapat diketahuinya keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis rantai nilai, aktifitas primer yang paling berperan dalam pengembangan CV.Tri Jaya Motor yaitu aktifitas Operasi perusahaan. Adapun  aktifitas sekunder yang berperan kuat dalam pengembangan perusahaan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia. Sedangkan aktifitas yang memenuhi kriteria untuk menjadi kompetensi inti dan menjadi keunggulan kompetitif CV.Tri Jaya Motor adalah aktifitas Penjualan dan Promosi pada aktifitas primer dan Manajemen Sumber Daya Manusia pada aktifitas sekunder.

 

Kata  kunci : Analsis Rantai  Nilai, Kompetensi  Inti, Faktor Strategi  Internal, dan Keunggulan Kompetitif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.