PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTING (Studi Pada UD Tiban Jaya Rotan Malang)

Mochammad Ariq Akhdan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada UD Tiban Jaya Rotan Malang. Perusahaan ini memproduksi furniture rumah tangga yang terbuat dari Rotan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi khususnya pada produk kursi teras putri dan gentong selama bulan Oktober 2016.

       UD Tiban Jaya Rotan Malang melakukan produksi ketika ada pesanan dari pelanggan, namun dalam praktek pembukuannya perusahaan belum memiliki catatan yang jelas mengenai transaksi yang terjadi di perusahaan, sehingga dalam perhitungan harga pokok produksi masih kurang tepat. Dalam perhitungan harga pokok produksi terdapat beberapa transaksi yang belum diperhitungkan oleh perusahaan khususnya pada biaya overhead pabrik seperti konsumsi pegawai, biaya insentif pegawai, biaya pajak bangunan, biaya perawatan mesin dan biaya penyusutan. Oleh karena itu, berdasarkan bentuk aktivitas produksi biaya produksi dilakukan perhitungan harga pokok produksi yang sesuai dengan menggunakan metode Job Order Costing. Metode Job Order Costing menggunakan basis alokasi volume produksi berupa jumlah set produk.

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan, yaitu harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan rendah dibandingkan menggunakan metode Job Order Costing. Oleh karena itu, perbaikan metode perhitungan harga pokok produksi pada UD Tiban Jaya Rotan Malang akan sangat berguna dalam kaitannya dengan kebijakan strategi perusahaan yang lebih tepat dalam penentuan harga jual produk di pasar dan penentuan profit yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Biaya Produksi, Harga Pokok Produksi, Job Order Costing

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.