Pengaruh Tingkat Permodalan, Rentabiltias, Kualitas Kredit, dan Likuditas Bank terhadap Harga Saham Bank (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.)

Rizky Perdana Indra Cahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tingkat permodalan (CAR), return to asset (ROA),return on equity (ROE), kualitas kredit (NPL),dan likuditas (LDR) baik secara simultan maupun parsial terhadap harga saham pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada tahun 2009 sampai 2016. Pemilihan BRI sebagai objek penelitian didasarkan pada kinerja BRI yang lebih unggul dari bank-bank konvensional lain yang ada di Indonesia.

Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial variabel tingkat permodalan (CAR), return on asset (ROA), dan return on equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan kualitas kredit (NPL) dan likuiditas (LDR)  tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci : Harga Saham, Tingkat Permodalan (CAR), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Kualitas Kredit (NPL), dan Likuiditas (LDR)

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.