PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND IMAGE DAN PURCHASE INTENTION PADA PRODUK STARBUCKS (STUDI PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA MALANG)

Dian Dwi Widyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, brand image (citra merek), dan purchase intention (minat beli) pada produk Starbucks di Malang baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden yang diambil dari populasi penelitian. Lokasi penelitian berada di kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan path analysis (analisis jalur). Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel electronic word of mouth mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel citra merek. Variabel electronic word of mouth mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel minat beli produk Starbucks. Variabel citra merek mempunyai pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel minat beli produk Starbucks.

Kata kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Intention.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.