PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH PER KAPITA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDI PADA KABUPATEN DAN KOTA DI PULAU JAWA TAHUN 2013-2015)

Dita Wahyu Imanulloh

Abstract


Pada era otonomi daerah, Pemerintah Daerah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Kesejahteraan masyarakat dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia, yang indikatornya terdiri dari aspek pendidikan, kesehatan, dan standar hidup layak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja modal, pendapatan asli daerah, dan pendapatan per kapita terhadap Indeks Pertumbuhan Manusia pada kabupaten/kota di Pulau Jawa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah belanja modal, pendapatan asli daerah, dan pendapatan per kapita daerah, serta variabel terikat yang digunakan adalah nilai Indeks Pertumbuhan Manusia sebagai representasi dari tingkat kesejahteraan masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel dengan menggunakan model fixed effect. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Pulau Jawa, dengan total sampel sebanyak 113 kabupaten/kota, dengan kurun waktu penelitian yaitu tahun anggaran 2013-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan belanja modal, pendapatan asli daerah, dan pendapatan per kapita memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kesejahteraan penduduk yang digambarkan melalui Indeks Pertumbuhan Manusia.

Kata kunci: Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan per Kapita, Indeks Pembangunan Masyarakat


Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.