FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PRODUK BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS MUHAMADIYAH MALANG)

Norman Ahmad Rinaldi

Abstract


Lembaga keuangan syariah merupakan lembaga keuangan yang dalam operasionalnya berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Penerapan prinsip Islam inilah yang membedakan lembaga keuangan syariah dengan lembaga keuangan umum (konvensional). Misalnya dalam hal pembiayaan usaha, bank syariah hanya bersedia membiayai kegiatan-kegiatan atau usaha yang halal dan bermanfaat, sedangkan bank konvensional dalam memberikan pembiayaan tidak menilai halal atau tidak usaha tersebut.

Pemahaman serta pengetahuan masyarakat mengenai perbankan Islam tentu akan mempengaruhi mereka dalam keputusan menjadi nasabah bank syariah. Pengetahuan konsumen dalam hal ini masyarakat yang akan menjadi nasabah mempengaruhi keputusan mereka seperti apa yang akan mereka pakai, berapa banyak, dimana dalam menitipkan dana mereka untuk dikelola maupun disimpan. Hal ini akan mempengaruhi perilaku dan persepsi masyarakat terhadap perbankan Islam maupun ekonomi Islam. Dengan tingginya pemahaman masyarakat akan membawa masyarakat untuk percaya dan menjadi nasabah bank syariah.

Kata kunci: Bank, Syariah, Pemahaman,Pengetahuan

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.