Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal Pada Bank Perkreditan Rakyat yang Mempengaruhi Non Performing Loans (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat Konvensional di Jawa Timur Periode 2014 – 2016)

Mochammad Ilham Haqiqi

Abstract


Kredit Bermasalah menjadi risiko yang paling diperhatikan bagi Bank di Indonesia, karena sebagian besar Bank di Indonesia khususnya BPR menjadikan kredit sebagai utama pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Konvensional di Jawa Timur dengan periode penelitian antara tahun 2014 hingga tahun 2016.  Metode yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel LDR, BOPO, dan PDRB berpengaruh Positif dan signifikan terhadap variabel NPL, sedangkan variabel ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap NPL. Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap NPl.

 

Kata kunci: Non Performing Loans (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Return on Asset (ROA), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.