PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI SIPKD BERBASIS WEB PEMERINTAH KOTA MALANG TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DAN KINERJA INDIVIDU

Nadia Uly Azmia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) berbasis web Pemerintah Kota Malang dengan mengadaptasi model keberhasilan sistem informasi yang dikembangkan oleh DeLone dan McLean (2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Peneliti memperoleh responden sebanyak 91 orang pegawai SKPD Pemerintah Kota Malang yang menggunakan aplikasi SIPKD web dalam kegiatan operasionalnya. Alat analisis data yang digunakan peneliti adalah SmartPLS versi 2.0.M3.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terdiri dari kualitas layanan, kualitas sistem dan kualitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SIPKD web. Sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SIPKD web. Hasil peneltian juga memberikan bukti empiris bahwa kepuasan pengguna SIPKD web berpengaruh terhadap kinerja individu para pegawai dalam lingkup SKPD Pemerintah Kota Malang. 

Kata Kunci : Kualitas layanan, kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna SIPKD web, dan kinerja individu


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.