PENGARUH PENEGAKAN HUKUM, KESESUAIAN KOMPENSASI, EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL, KEADILAN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN (STUDI KASUS PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO)

Ayu Rahmantari Rahmantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji penegakan hukum, kesesuaian kompensasi, efektivitas pengendalian internal, keadilan organisasi dan gaya kepemimpinan yang mempengaruhi terjadinya kecenderungan kecurangan. Penelitian ini dilakukan di sejumlah dinas yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan kuesioner. Peneliti memperoleh responden sebanyak 68 orang yang bekerja di bagian keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegakan hukum dan kesesuaian kompensasi berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, sedangkan efektivitas pengendalian internal, keadilan organisasi dan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan. Implikasi dari penelitian ini bagi organisasi sektor pemerintahan adalah agar organisasi memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecederungan kecurangan.

 

Kata Kunci: penegakan hukum, kesesuaian kompensasi, efektivitas pengendalian internal, keadilan  organisasi, gaya kepemimpinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.