PENGARUH KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK BASED BANK RATING TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Gladys Aprillia Tanisson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesehatan bank yang diukur dengan menggunakan metode Risk Based Bank Rating terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015.  Variabel yang digunakan yaitu risk profile diukur dengan Non Performing Loan (NPL) dan Loan To Deposit Ratio (LDR), Good Corporate Governance (GCG) dengan mengunakan peringkat komposit laporan self assessment bank, earning diukur dengan Return on Assets (ROA), capital diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan perbankan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa GCG, ROA dan CAR menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Sedangkan NPL dan LDR tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci: Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Good Corporate Governance (GCG), Return on Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Harga Saham.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.