ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN TOUR OPERATOR (Studi Pada Ourtrip1st Tour Operator di Malang)

Bella Irianina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan eksternal dan internal pada UMKM Ourtrip1st Tour Operator di Malang yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif yang bertujuan mengetahui mengetahui strategi yang sesuai dengan kondisi Internal dan eksternal Ourtrip1st Tour Operator dalam mengetahui berbagai peluang dan ancaman yang saat ini dihadapi saat ini . Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks-matriks pada tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Ourtrip1st Tour Operator berada pada posisi Kuadran I yaitu, pada kondisi tumbuh dan membangun. Dari 3 alternatif strategi yaitu, Intensif, Integrasi dan Diversifikasi pada Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) maka yang perlu diprioritaskan oleh Ourtrip1st Tour Operator yaitu Strategi Intensif, yaitu melakukan Penetrasi Pasar, Pengambangan Pasar dan Pengembangan Produk.

 

Kata Kunci : Tour Operator, Formulasi Strategi, Lingkungan Internal dan Eksternal, Ourtrip1st Tour Operator.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.