ANALISIS KINERJA KEUANGAN DITINJAU DARI PROFITABILITAS DAN ECONOMIC VALUE ADDED (Studi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Tahun 2013-2015)

Winda Siswahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. ditinjau dari Profitabilitas dan Economic Value Added (EVA) untuk periode penelitian tahun 2013-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Analisis rasio profitabilitas yang digunakan adalah Profit Margin on Sales, Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE) dan Earning per Share (EPS).

Hasil dari analisis rasio profitabilitas menunjukkan bahwa nilai Profit Margin on Sales dan ROI PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. mengalami penurunan dari tahun ke tahun, kemudian nilai ROE perusahaan mengalami penurunan di tahun 2014 namun di tahun 2015 kembali meningkat, sedangkan untuk nilai EPS menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Dengan menggunakan analisis Economic Value Added (EVA), hasil penelitian menunjukkan pada tahun 2013-2015 EVA bernilai positif atau EVA > 0 dikarenakan nilai Nett Operating Profit After Tax (NOPAT) yang dihasilkan perusahaan lebih tinggi dibanding dengan biaya modal yang dikeluarkan. Hal ini berarti perusahaan mampu menciptakan nilai tambah ekonomis bagi investor.

 

Keywords : Profit Margin on Sales, Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Economic Value Added (EVA).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.