IMPLEMENTASI DIVERSITY PROGRAM BAGI TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS PADA PT. WANGTA AGUNG

Arief Burhan Effendi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementansi diversity program pada PT. Wangta Agung Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan empat orang karyawan PT. Wangta Agung Kota Surabaya terdiri dari dua karyawan difabel dan dua karyawan non-difabel. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah metode berbasis sikap untuk ketenagakerjaan disabilitas.

Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil analisis dari penelitian ini adalah perusahaan menggunakan tenaga kerja penyandang disabilitas yang mendukung nilai organisasi, peraturan serta memberikan fasilitas baik saranan dan prasarana.

Data hasil analisis untuk mengungkapkan bahwa diversity program yang berhubungan dengan tentang pemahaman ketenagakerjaan dan nilai organisasi bagi penyandang disabilitas dalam manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menunjukkan bahwa sudah ada penerapan diversity program bagi para penyandang disabilitas terhadap tenaga kerja secara baik yang diberikan oleh perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya sistem perekrutan bagi calon tenaga kerja penyandang disabilitas

Kata Kunci : Diversity program, Penyandang disabilitas, Nilai organisasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.