Penerapan Strategi Pemasaran Industri Kreatif Batik Jember dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing (Studi pada Rumah Batik Rolla Kabupaten Jember)

Achmad Farizi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan strategi pemasaran yang telah diterapkan Rumah Batik Rolla. Dengan memahami dan menganalisis strategi yang diterapkan Rumah Batik Rolla dapat diketahui strategi pemasaran yang diterapkan dapat meningkatkan daya saingnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran pada Rumah Batik Rolla. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dokumentasi, observasi, serta wawancara dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Burhan Bungin mencakup, pengumpulan data, reduksi data, display data , serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran pada Rumah Batik Rolla dapat meningkatkan daya saingnya, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan permintaan akan produk yang berkelanjutan serta omzet penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun

Kata kunci : strategi pemasaran, batik, daya saing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.