Pengaruh Faktor PsikologisTerhadap Keputusan BerkunjungWisatawan Pada Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang (Studi Pada Pengunjung Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang)

Moh. Riza Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada wisata religi Masjid Tiban di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability dengan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas). Data analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada wisata religi Masjid Tiban Kabupaten Malang. Variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan keyakinan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh.

Kata kunci: Faktor psikologis, keputusan berkunjung wisatawan, keyakinan, motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.