ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN TRANSAKSI AKUISISI (Studi Kasus pada Akuisisi PT. Semen Indonesia Tbk terhadap Thang Long Cement Vietnam)

Elok Mahmuda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja keuangan PT. Semen Indonesia Tbk serta untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat kinerja keuangan PT. Semen Indonesia Tbk sebelum dan sesudah transaksi akuisisi ditinjau dari rasio keuangan. Kinerja keuangan perusahaan diukur menggunakan alat analisis dan evaluasi terhadap laporan keuangan. Alat yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan adalah menggunakan rasio keuangan, antara lain: rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio pasar. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dengan data yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu laporan keuangan tahunan PT. Semen Indonesia Tbk periode tahun 2009-2015.

Analisis menggunakan data sekunder yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan yang diukur berdasarkan rasio aktivitas (rasio perputaran persediaan), rasio solvabilitas (rasio hutang terhadap aktiva dan rasio hutang terhadap ekuitas), rasio nilai pasar (laba per lembar saham) mengalami kenaikan namun perusahaan juga mengalami penurunan kinerja keuangan yang diukur berdasarkan rasio likuiditas (rasio lancar dan rasio cepat), rasio aktivitas (rasio perputaran total aktiva), rasio profitabilitas (margin laba kotor dan margin laba bersih) dibandingkan sebelum perusahaan melakukan transaksi akuisisi. hal ini berarti terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang dilihat dari analisis trend dalam penelitian sebelum dan sesudah terjadinya transaksi akuisisi.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Akuisisi, Rasio Keuangan.


 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.