AN ANALYSIS ON COST OF GOODS MANUFACTURED OF BROILER CHICKEN PRODUCTION USING FULL COSTING METHOD (A case study of UD. Peternakan Ogbil in Kediri)

Alvia Galih Setyowati

Abstract


Pada dasarnya tujuan perusahaan didirikan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dan menghasilkan keuntungan maksimal. Agar hal tersebut dapat terlaksana maka perusahaan harus dapat melakukan perencanaan untuk jangka panjang. Perusahaan peternakan ayam pedaging Peternakan Ogbil belum melakukan perhitungan harga pokok produksi  sesuai  dengan standar  akuntansi,  sehingga  terjadi  ketidaktepatan  dalam menghitung biaya-biaya yang telah dikorbankan selama proses produksi dan akan mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan perhitungan harga pokok produksi pada Peternakan Ogbil dengan menggunakan metode full costing.

Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana sifat penelitian adalah studi kasus, yaitu penelitian dengan maksud fokus memecahkan permasalahan pada satu objek yang terjadi dalam Peternakan Ogbil. Sumber data   menggunakan   data   sekunder   dan  untuk   jenis   datanya   kuantitatif.   Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa Peternakan Ogbil dalam menghitung harga pokok produksi belum melakukan identifikasi dan penggolongan biaya dengan benar. Selain itu, belum perusahaan juga belum memasukkan semua biaya produksi pada biaya overhead  pabrik seperti biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya penyusutuan kandang, biaya penyusutan peralatan, biaya perawatan kandang dan peralatan, serta pajak bumi bangunan. Perhitungan harga pokok produksi dengan perhitungan metode full costing terlihat nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi metode perusahaan. Perbedaan nilai yang terjadi disebabkan karena pembebanan biaya overhead pabrik yang dihitung menggunakan metode full costing lebih lengkap serta terperinci dengan baik sesuai dengan akuntansi yang benar.

Kata kunci : Harga Pokok Produksi, Full Costing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.