ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN FAKTOR PSIKOGRAFIS DAN FAKTOR DEMOGRAFIS PERUSAHAAN TEKNOLOGI PADA LAYANAAN JASA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE DI KOTA MALANG

Bagus Tri Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis segmentasi pasar yang terbentuk berdasarkan faktor psikografis dan faktor demografis konsumen jasa transportasi online di Kota Malang dengan menggunakan tehnik analisis klaster. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 328 responden. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa segmentasi pasar berdasarkan faktor psikografis konsumen jasa transportasi online dibagi dalam tiga variabel yang terdiri atas aktivitas, minat, dan opini, Sedangkan faktor demografis konsumen jasa transportasi online dibagi dalam lima variabel yang terdiri atas usia, jenis kelamin, penghasilan, pendidikan, dan kelas sosial. Variabel aktivitas, minat, opini, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan penghasilan menghasilkan dua klaster dan variabel kelas sosial menghasilkan tiga klaster yang berisi produk – produk jasa transortasi online tertentu. Dari produk-produk tersebut diketahui bahwa produk jasa transportai online Gojek, Uber, dan Grab mempunyai brand image yang kuat di benak konsumen, dibandingkan dengan produk jasa transportasi online lainnya.

Kata Kunci : Segmentasi Psikografis, Segmentasi Demografis, Analisis klaster


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.