PENGARUH PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM DEBGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2011 - 2015)

William Aldi Hanif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dua variabel yaitu profitabilitas danpertumbuhan penjualan terhadap struktur modal, dan harga saham pada perusahaan properti dan real  estate  di  Bursa  Efek  Indonesia. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksplanatori  yang menjelaskan hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah 46 perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011 – 2015.Sampel yang   digunakan   13   perusahaan   dengan   metode   purposive   sampling.   Teknik   analisis   data menggunakan analisis jalur dengan software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, dan struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Pertumbuhan penjualan tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap harga  saham,  hal  ini  ditunjukkan  dari  nilai  yang  tidak signifikan. Profitabilitas dan Pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas dan Pertumbuhan penjualan menunjukkan hasil yang berpengaruh tidak langsung terhadap harga saham melalui struktur modal.

Kata kunci : profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur modal, harga saham.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.