PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN PENERBITAN SUKUK TERHADAP PENGUNGKAPAN PELAPORAN SOSIAL (STUDI PADA PERUSAHAAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2013-2015)

Miftarohma Venuma Basumurti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan saham publik, likuiditas, profitabilitas dan penerbitan sukuk korporasi terhadap pengungkapan pelaporan sosial perusahaan yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2013 - 2015. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria – kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Metode yang digunakan adalah content analysis dan statistik deskriptif kuantitatif dengan data panel laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah periode 2013-2015 yang dilakukan dengan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa   variabel   kepemilikan   saham   publik,   likuiditas,   profitabilitas   berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan pelaporan sosial perusahaaan sedangkan variabel penerbitan sukuk korporasi tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan pelaporan sosial perusahaan.

Kata Kunci : kepemilikan saham publik, likuiditas, profitabilitas, penerbitan sukuk korporasi, pelaporan sosial, Corporate Social Responsibility (CSR)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.