FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (Studi Pada PT Bank Syariah Mandiri Tbk Cabang Surabaya)

Miftakhudzikril Lailiya

Abstract


Melalui penelitian ini nantinya dapat diketahui bahwa terdapat faktor-faktor yang mampu mempengaruhi keputusan menjadi nasabah Bank Syariah khusunya pada Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya. Dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 100 responden yang berada di Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya. Melalui penyebaran kuesioner nantinya akan diketahui faktor mana yang paling berpengaruh  terhadap  keputusan  nasabah  untuk menjadi nasabah Bank Syariah. Berdasarkan hasil estimasi regresi logistic diketahui bahwa diantara keenam variable yakni variable pengetahuan, pelayanan , karakteristik Bank Syariah , harga/biaya, aksebilitas dan  promosi  ternyata  tidak  semua  variable  yang  dijadikan  factor dalam  penelitian  ini berpengaruh terhadap keputusan nasabah.

Faktor pelayanan Bank Syariah, faktor karakteristik Bank Syariah, faktor harga/biaya dan faktor aksebilitas ternyata yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah Bank Syariah. Sedangkan faktor pengetahuan Bank Syariah dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah Bank Syariah.

Kata Kunci:Faktor Ketertarikan Nasabah,Bank Syariah,Regresi Logistik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.