Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan dan Kesehatan serta Gini Ratio terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten-Kabupaten di Jawa Timur Bagian Selatan

Khusnul Chotimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah untuk sektor pendidikan dan kesehatan, serta Gini Ratio terhadap Indeks Pembangunan Manusia di wilayah Kabupaten-kabupaten di Provinsi Jawa Timur bagian selatan dalam kurun waktu 2011-2015. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode Regresi Data Panel (Pooled Data) yang merupakan gabungan antara data time series dan data cross section yang dianalisis dengan Model Random Effect (REM) yang diolah dengan aplikasi EViews 8.1.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di wilayah Kabupaten-Kabupaten di Provinsi Jawa Timur Bagian Selatan. Sedangkan untuk variabel Gini Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di wilayah Kabupaten-Kabupaten di Provinsi Jawa Timur Bagian Selatan.

Kata kunci: Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan dan Kesehatan, Gini Ratio, IPM, Random Effect Model (REM)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.