ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN, CORPORATE GOVERNANCE, KONSERVATISME, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERFORMA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016)

Bayu Setyoko

Abstract


Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan keluarnya Indonesia dari OPEC telah menjadi determinan penting performa keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio keuangan, corporate governance, konservatisme, dan ukuran perusahaan terhadap  performa keuangan  perusahaan.  Rasio  keuangan  diproksikan  oleh profitabilitas, modal kerja, risiko keuangan, dan likuiditas. Corporate governance diproksikan oleh persentase komisaris independen dan kepemilikan manajerial. Konservatisme diukur dengan nonoperating accrual. Ukuran perusahaan diukur dengan total aset. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2016 dengan sampel sebanyak 141 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 20. Dari hasil analisis regresi berganda yang dilakukan, profitabilitas, modal kerja, risiko keuangan, dan ukuran perusahaan  terbukti berpengaruh positif terhadap performa keuangan. Sebaliknya, likuiditas terbukti berpengaruh negatif terhadap performa keuangan. Sedangkan persentase komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan konservatisme tidak berpengaruh terhadap performa keuangan.

Kata kunci : Rasio  keuangan,  corporate  governance, konservatisme,  ukuran  perusahaan, performa keuangan, perusahaan manufaktur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.