DESAIN PENGUKURAN KINERJA PUSKESMAS DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Puskesmas Simo Kabupaten Madiun)

Wanda Rizki Aprillia

Abstract


Puskesmas Simo merupakan salah satu Puskesmas yang berada di Madiun dengan tugas utamanya yaitu memberikan pelayanan umum kepada masyarakat. Sebagai unit pelayanan publik, Puskesmas Simo harus mampu menyeimbangkan antara aspek finansial dan aspek non finansialnya dalam pengukuran kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pengukuran kinerja Puskesmas dengan metode balanced scorecard serta memberikan usulan perbaikan bagi Puskesmas setelah dilakukan pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard menggunakan empat perspektif dalam pengukuran kinerjanya yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripfif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan data sekunder serta wawancara untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisis terhadap empat perspektif balanced scorecard, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kinerja yang dapat digunakan untuk menilai perspektif  keuangan  adalah  pertumbuhan  pendapatan,  tingkat  kemandirian  serta  cost recovery. Indikator kinerja untuk perspektif pelanggan adalah jumlah kunjungan, contact rate dan IKM. Indikator kinerja proses bisnis internal adalah penyelenggaraan UKM dan UKP, kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan, penggalangan kerjasama lintas sektor serta jaminan mutu Puskesmas. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, indikator yang digunakan adalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta sistem manajemen Puskesmas. Hasil pengukuran kinerja Puskesmas Simo adalah cukup baik secara keseluruhan. Untuk meningkatkan hasil kinerjanya, Puskesmas Simo harus mampu meningkatkan kinerja SDM serta kinerja sarana dan prasarana. Dengan itu, Puskesmas Simo dapat menggunakan metode balanced scorecard sebagai alat pengukuran alternatif untuk mengukur kinerjanya.

Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Puskesmas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.