ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI BELANJA MODAL PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur)

Muhammad Hafid Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang diyakini mampu memberikan pengaruh terhadap realisasi belanja modal seperti Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA). Objek penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2014.  Sebanyak 180 data berhasil dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa PAD, DAU, dan SiLPA berpengaruh positif terhadap realisasi belanja modal, sedangkan DAK dan DBH tidak berpengaruh signifikan terhadap realisasi belanja modal.

Kata Kunci: Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.